Pengenalan Machine Learning

Machine learning (ML) adalah teknik pemrograman yang memberi aplikasi kemampuan untuk secara otomatis belajar dan menambah informasi berdasarkan pengalaman, tanpa diprogram secara eksplisit untuk melakukannya.

Machine learning dibagi menjadi tiga, yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan reinforcement learning.

Supervised Machine Learning Algorithms

Supervised Machine Learning adalah algoritma machine learning yang di dalamnya membantu mengaplikasikan informasi yang ada pada data yang sudah ada dengan memberi label tertentu.

Unsupervised Machine Learning Algorithms

Berlawanan dengan algoritma Supervised Machine Learning, algoritma unsupervised learning tidak memiliki target atau variabel yang harus ditetapkan. Tidak perlu adanya label khusus untuk memprediksi suatu data. Proses dilakukan hanya dengan menginput data dengan benar, selanjutnya untuk urusan output, mesin akan menentukan jalannya sendiri.

Semi-Supervised Machine Learning Algorithms

Algoritma Semi-Supervised Machine Learning mengkombinasikan kedua algoritma supervised dan unsupervised di mana sampel-sampel input yang digunakan untuk melakukan pembelajaran data ada yang berlabel dan ada yang tidak berlabel. Metode ini bisa digunakan dengan metode lainnya seperti klasifikasi, regresi, dan prediksi.

Reinforcement Machine Learning Algorithms

Pada algoritma Reinforcement Machine Learning, mesin dilatih untuk mengambil suatu keputusan secara spesifik berdasarkan kebutuhan bisnis yang bertujuan untuk memaksimalkan kinerjanya. Algoritma ini mempelajari suatu kebijakan bagaimana melakukan aksi berdasarkan pengamatan terhadap lingkungan yang ada, lalu setiap aksi menghasilkan akibat bagi lingkungan tersebut, dan lingkungan tersebut memberikan umpan balik (feedback) untuk memandu algoritma tersebut.

Contoh aplikasi Machine Learning yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti Text Analysis pada  Image Processing, Finance, Search and Recommendation Engine dan Speech Understanding. Adapun pengaplikasian Machine Learning dalam teknologi, yaitu Siri pada Apple, Film Recommendation di Netflix, rute otomatis di Google Maps, Mobil canggih Tesla yang dapat mengemudi sendiri, dan lain sebagainya. Sehingga perkembangan teknologi saat ini, mampu memudahkan dan membantu beberapa aktivitas manusia dalam kehidupan sehari – hari.

Berikutnya akan kita bahas instalasi aplikasi dalam membuat machine learning tersebut

Sumber :

Contoh Penerapan Artificial Intelligence Dalam Machine Learning (hacktiv8.com)

Yuk Kenali Tipe, Aplikasi, dan Contoh Machine Learning! (dqlab.id)

Developer Android  |  Android Developers